Laboratorium Evalube Ikuti Uji Profisiensi Tingkat Internasional

By administrator 04 Jul 2018
 

Jakarta, 25 Juni 2018 – Laboratorium Evalube yang telah mendapatkan sertifikat ISO 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengikuti uji profisiensi dalam “2018 PLI Proficiency Test Program (PIAQA PLI-GO-PR-29)” yang diselenggarakan oleh Petronas Lubricants International Sdn Bhd.

 

Uji profiensi ini diikuti oleh 39 peserta dari 26 negara di seluruh dunia, laboratorium peserta yang terdiri dari PLI Lab & TB Lab diantaranya adalah dari Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika. Bagi laboratorium peserta, uji profisiensi merupakan evaluasi kinerja laboratorium secara eksternal dengan memberikan jaminan mutu pada hasil pengujian. Evaluasi ini membantu laboratorium untuk mendeteksi adanya penyimpangan dalam pengujian, baik metode, peralatan dan pelaksanaan pengujian, serta menemukan penyebab dan cara perbaikannya.

Petronas Lubricants International Sbn Bhd menyebarkan sampel buta (Blind sample atau Round Robin sample) yang harus diuji oleh seluruh laboratorium peserta. Uji profisiensi ini menekankan akurasi hasil uji laboratorium peserta, dari 21 parameter uji laboratorium penguji. Dalam pengujian ini, laboratorium Evalube dapat melakukan 16 parameter uji dan sukses masuk ke dalam salah satu tiga laboratorium terbaik dilihat dari nilai Z Score < 2.0 (i.e. obtained all test results within |Z | ≤ 2.0) dari seluruh laboratorium peserta di seluruh dunia.

Direktur Utama Meinarko Dananto menyampaikan, ”Selamat dan apresiasi tinggi untuk Laboratorium Evalube dan suatu kebanggaan bagi Perusahaan untuk dapat berprestasi di tingkat internasional. Semoga kemampuan dan kompetensi ini dapat dijadikan tools untuk dapat terus meningkatkan kepercayaan konsumen dan mempertahankan kualitas produk terbaik dari Perusahaan.”